Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Mind Want to Know untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis

  • Yulia yulia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Mind Want to Know lebih baik dibanding dengan pemahaman konsep konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 35 Padang sebanyak lima kelas (165 orang). Pemilihan kelas secara random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil dari hasil tes akhir yaitu tes essay dari masing-masing kelas. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 76,45 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 63,27. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel (1,72 >1,65) dengan taraf kepercayaan 95%, maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Mind Want to Know lebih baik dari pada pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 35 Padang.��z

Published
2017-12-04
How to Cite
YULIA, Yulia. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Inquiring Mind Want to Know untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 168-174, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=239>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles