Keefektifan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning pada Kelas X SMA

  • Nita Putri Utami

Abstract

Perangkat pembelajaran matematika yang digunakan pendidik sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Akantetapi kenyataannya perangkat pembelajaran matematika yang digunakan pada sekolah be-lum mendukung tercapainya pemahaman konsep dan kemampuan penalaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Data efektivitas diperoleh dari lembar tes kompetensi kognitif peserta didik, lembar observasi kompetensi afektif peserta didik dan lembar observasi kompetensi psikomotor peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Hasil belajar peserta didik pada kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor tergolong efektif. Pada jurnal ini hanya dibahas efektivitas perangkat pembelajaran matematika.

Published
2017-12-04
How to Cite
UTAMI, Nita Putri. Keefektifan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning pada Kelas X SMA. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 156-167, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=238>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles