Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 28 Padang

  • Andi susanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII SMP N 28 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment denganrancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning, kepada peserta didik, selanjutnya diberikan tes dan diperoleh rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah peserta-didik pada kelas eksperimen adalah 74,00; dan pada kelas control adalah 72,30. Adapun rata-rata terakhir ke-mampuan koneksi matematis peserta didik pada kelas eksperimen adalah 68,73; dan pada kelas kontrol adalah 62,43. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,64 dengantaraf ke-percayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui Model Pem-belajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control dengan thitung = 3,71; sedangkan kemampuan koneksi matematis peserta didik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pa-da kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control dengan thitung = 2,17.

Published
2017-12-04
How to Cite
SUSANTO, Andi. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 28 Padang. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 225-236, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=236>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles