Pembelajaran Matematika dengan Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) di MAN 1 Muara Labuh

  • Rivdya Eliza

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui aktivitas belajar matematika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaraan Search, Solve, Create, and Share (SSCS), dan 2) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan SSCS di kelas XI MIA MAN 1 Muara Labuh ta-hun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Pada rancangan penelitian ini, sekelompok subyek yang diam-bil dari populasi tertentu dikelompokkan secara acak menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah dilakukan analisis terhadap data, diketahui bahwa aktivitas belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran SSCS mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik dari pertemuan pertama hingga pertemuan kelima, yaitu 35%, 45%, 55%, 68%, 77%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh ttabel = 1,645 dan thitung = 2,598 sehingga didapatkan > (2,598>1,645) pada selang kepercayaan 95 %. Karena thi-tung> ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Jadi, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran SSCS lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masa-lah matematika peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran SSCS.

Published
2017-12-04
How to Cite
ELIZA, Rivdya. Pembelajaran Matematika dengan Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) di MAN 1 Muara Labuh. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 200-210, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=235>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles