Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

  • Lisa Dwi Afri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya dan masih belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa. Penelitian ini mengkaji peningkatan KPMM siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (ITCRA) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, ditinjau dari keseluruhan dan kategori kemampuan awal matematika (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah). Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2014/2015, dan sampelnya adalah dua kelas.Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rataan, yaitu uji-t dan mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian dan peningkatan KPMM siswa yang memperoleh pembelajaran ITCRA secara keseluruhan lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) peningkatan KPMM siswa KAM sedang dan rendah yang memperoleh pembelajaranITCRA lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional, sedangkan pada siswa KAM tinggi yang memperoleh pembelajaranITCRA tidak lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan 3) Terdapat perbedaan peningkatan KPMM siswa kategori KAM tinggi dengan siswa kategori KAM sedang dan rendah yang memperoleh pembelajaran ITCRA. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kategori KAM sedang dan rendah.

Published
2017-12-04
How to Cite
AFRI, Lisa Dwi. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 175-186, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=232>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles