Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Padang

  • Nana Sepriyanti UIN Imam Bonjol Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan pema-haman konsep matematis dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP N 24 Padang yang belajar menggunakan model treffinger dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design menggunakan teknik Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 76,61 dan rata-rata kelas kontrol ada-lah 71,49, thitung=1,826 dan ttabel= 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. Sedangkan rata-rata kemampuan pemec-ahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 75,42 dan rata-rata kelas kontrol adalah 70,80, thitung= 1,748 dan ttabel= 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. ini berarti thitung> ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, artinya kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP N 24 Padang yang belajar menggunakan model treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013.

Published
2017-12-04
How to Cite
SEPRIYANTI, Nana. Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Padang. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 129-141, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=230>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles