Profesionalisme Guru Matematika MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan

  • Ahmad Nizar Rangkuti Pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan
  • Jusrina Jusrina Pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru Matematika MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru matematika MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari komitmen seorang guru Matematika untuk meningkatkan mutu pendidikan, tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan, kemauan dan semangat untuk meningkatkan keprofesionalannya dengan belajar sepanjang hayat, serta panggilan jiwa guru matematika.

Kata kunci: Profesionalisme, Guru matematika

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Hasratuddin, 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika, Medan: Perdana Publishing.

Miles, B. Matthew & Huberman, Terjemahan Tjetjep. 1992. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-metode Baru, Jakarta: UI Press.

Rangkuti, Ahmad Nizar, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan, Bandung: Citapustaka Media.

Sagala, Syaiful, 2013. Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Published
2017-12-04
How to Cite
RANGKUTI, Ahmad Nizar; JUSRINA, Jusrina. Profesionalisme Guru Matematika MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Math Educa Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 117-128, dec. 2017. ISSN 2598-2133. Available at: <http://iainimambonjol.ac.id/index.php?journal=mej&page=article&op=view&path%5B%5D=180>. Date accessed: 16 jan. 2018.
Section
Articles