Fakultas Ushuluddin


Program Studi

Fakultas Ushuluddin bertujuan menghasilkan sarjana (S.1) berkepribadian  muslim yang ahli dalam ilmu-ilmu dasar ke-Islaman (ushuluddin) di bidang aqidah, filsafat, perbandingan agama, tafsir-hadits dan psikologi Islam. Fakultas ini memiliki jurusan/ Program:

  1. Aqidah dan Filsafat (S1) bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang aqidah dan filsafat yang dapat merespon perkembangan dan kebutuhan masyarakat dengan gelar Sarjana Theologi Islam (S.Th.I). Alumni jurusan ini dapat menjadi tenaga profesional di bidang keagamaan (guru Akidah Akhlak di Madrasah dengan Akta IV/ Sertifikasi Guru, penghulu, penyuluh dan pembina rohani Islam TNI/ Polri). Di samping itu dapat menjadi penulis, peneliti, politisi, aktivis LSM dan lain-lain.Terakreditasi  B.
  2. Tafsir Hadits (S1) bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang Tafsir Hadits yang dapat merespon perkembangan dan kebutuhan masyarakat serta mengoperasikan konsep-konsep yang diisyaratkan dari Al-Qur’an dan Hadits dengan gelar kesarjanaan Sarjana Theologi Islam (S.Th.I). Alumni jurusan ini dapat menjadi tenaga profesional di bidang keagamaan (guru agama di sekolah umum, guru al-Qur’an Hadis di Madrasah dengan Akta IV/ Sertifikasi Guru, penghulu, penyuluh dan pembina rohani Islam TNI/ Polri). Di samping itu dapat menjadi penulis, peneliti, politisi, aktivis LSM dan lain-lain. Terakreditasi  B.
  3. Program Khusus Tafsir Hadits (S1) (International class) adalah kelas unggul yang mendalami ilmu Al-Qur’an dan Hadits dengan bahasa pengantar bahasa Arab dan Inggris dengan gelar kesarjanaan Sarjana Theologi Islam (S.Th.I). Program Khusus ini bertujuan mengkader calon ulama yang mampu merespon persoalan umat berbasis Al-Qur’an dan Hadits serta dapat mengkomunikasikan keilmuannya dalam bahasa asing (Arab dan Inggris). Alumni Program Khusus ini memiliki prospek kerja sebagai pengampu bidang studi Al-Qur’an dan Hadits dengan referensi berbahasa Arab dan Inggris pada madrasah dan pondok pesantren; pegawai pada badan-badan internasional; tenaga administrasi Kementerian Agama; Penghulu Kementerian Agama; Penyuluh agama pada Kementerian Agama dan lain-lain. Program Khusus ini merupakan bagian dari Jurusan Tafsir Hadis dan akreditasinya merujuk kepada akreditasi yang ada pada Jurusan Tafsir Hadis. Terakreditasi  B.
  4. Perbandingan Agama (S1) bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli dalam kajian agama Islam dan agama-agama lain dalam rangka mewujudkan Islam sebagai rahmat bagi semua manusia, khususnya dalam konteks kerukunan hidup umat beragama. Dibekali seperangkat ilmu-ilmu keagamaan dan ilmu-ilmu sosial dengan gelar kesarjanaan Sarjana Theologi Islam (S.Th.I). Alumni jurusan ini dapat menjadi tenaga profesional di bidang keagamaan (guru bidang studi keagamaan di madrasah dan pondok pesantren serta guru agama Islam di sekolah umum dengan dengan Akta IV/ Sertifikasi Guru, penghulu, penyuluh dan pembina rohani Islam TNI/ Polri). Di samping itu dapat menjadi penulis, peneliti, politisi, aktivis LSM dan lain-lain. Terakreditasi  B.
  5. Psikologi Islam (S1) bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli di bidang Psikologi Islam yang dapat merespon perkembangan dan kebutuhan psikologis manusia, menggunakan pendekatan Psikologi modern dan Islam, dengan gelar kesarjanaan Sarjana Psikologi Islam (S.Psi.I). Alumni jurusan ini dapat menjadi tenaga profesional seperti konsultan dan bimbingan rohani di rumah sakit dengan keahlian mendiagnosa, konsultan di kantor pemerintahan, perusahaan dan industri. Juga dapat berprofesi sebagai psikolog, serta penulis dan peneliti. Terakreditasi  C.

Visi

“unggul dalam pengkajian ilmu-ilmu pokok agama islam dan ilmu-ilmu terkait”

Misi

Melaksanakan tridharma perguruan tinggi di bidang al quran dan hadits, aqidah filsafat, studi agama-agama dan psikologi islam secara professional.


 

Ditulis oleh: Admin | Tanggal 13 Nov 2014 21:11 WIB