Fakultas Syari'ah


Program Studi

Fakultas Syari’ah bertujuan membentuk Sarjana Muslim yang menguasai ilmu dibidang Hukum Islam dan Ilmu Kesyari’ahan Kontemporer, dengan Jurusan-jurusan/ Program Studi (Prodi) sebagai berikut:

  1. Al-Ahwal asy-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga, S1): bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ah yang ahli Hukum Islam dan mampu menjadi praktisi hukum. Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni Jurusan Hukum Keluarga ini dipersiapkan untuk menjadi Praktisi di Bidang Hukum, seperti Hakim, Panitera, Pengacara (Advokat), Konsultan Hukum, Ahli Hisab dan Administrator di Institusi-institusi Hukum Islam (seperti KUA/Penghulu), Cendikiawan dan Akademisi dalam Hukum Keluarga Islam. Terakreditasi  A.
  2. Perbandingan Mazhab dan Hukum (S1): bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ah yang ahli di bidang Perbandingan Madzhab bukan saja dalam Hukum Islam, tetapi juga dalam Hukum Umum (Positif). Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni Jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi Ulama, Mufti (Pemberi Fatwa), Konsultan Hukum serta Cendikiawan dan Akademisi.  Di samping itu, juga dipersiapkan sebagai Praktisi di Bidang Hukum, seperti Hakim, Panitera, Pengacara (Advokat), Administrator di institusi-institusi Hukum Islam (seperti MUI dan KUA/ Penghulu). Terakreditasi  B.
  3. Jinayah dan Siyasah (Pidana dan Politik Islam, S1): bertujuan  menghasilkan Sarjana Syari’ah yang memiliki kompetensi akademik dan atau professional di bidang Pidana dan Politik Islam (Siyasah) Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni Jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi Cendikiawan dan Akademisi dalam Bidang Pidana dan Politik Islam, Birokrat di berbagai instansi pemerintah, Politisi, anggota Legislatif dan Diplomat. Selain itu, juga dipersiapkan sebagai Praktisi di Bidang Hukum seperti Hakim, Panitera, Pengacara (Advokat), Konsultan Hukum dan Administrator di institusi-institusi Hukum Islam (KUA/ Penghulu) Terakreditasi  B.
  4. Mu’amalah (Bisnis Islam, S1), bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ah yang ahli dalam Hukum Bisnis Islam. Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Hukum Islam (SHI). Alumni Jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi Ahli Hukum Bisnis Islam, Tenaga Ahli di Bidang Hukum Bisnis Islam di Lembaga Keuangan Syari’ah (Bank & non Bank), Konsultan Hukum di Bidang Bisnis Islam serta Cendikiawan dan Akademisi di Bidang Hukum Bisnis Islam. Selain itu, juga dipersiapkan sebagai Praktisi di Bidang Hukum, seperti Hakim, Panitera, Pengacara (Advokat), dan Administrator di institusi-institusi Hukum Islam (KUA/ Penghulu) Terakreditasi  B.
  5. Ekonomi Islam (S1), bertujuan menghasilkan Sarjana Syari’ah yang mampu mengelola Lembaga Keuangan (Bank & Non Bank) sesuai dengan prinsip-prinsip Syari’ah. Gelar kesarjanaannya adalah Sarjana Ekonomi Islam (SEI). Alumni Jurusan ini dipersiapkan terutama untuk menjadi Profesional dan Eksekutif di Lembaga Bisnis yang dikelola secara Islami (Bank, Asuransi, Pegadaian dan BMT), Cendikiawan dan Akademisi dalam Bidang Ekonomi Islam, Konsultan di Bidang  Ekonomi Syari’ah. Terakreditasi  B.
  6. Managemen dan Perbankan Syari’ah (MPS, Program Diploma III): bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yag siap pakai pada lembaga-lembaga keuangan syari’ah, seperti Baitul Mal wat Tanwil (BMT), Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah (BPRS) dan perbankan syari’ah lainnya. Gelar kesarjaan lulusan Program ini adalah Ahli Madya (A.Md). Terakreditasi  B.

Visi

“menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan terkemuka dalam pembinaan moral dan pengembangan  ilmu pengetahuan terutama ilmu-ilmu yang terkait denagn perkembangan hokum islam kontemporer”

Misi

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pengembangan ilmu pengetahuan.
  • Memelihara tradisi keislaman islam dan sekaligus mendorong pembaharuan pemikiran hukum islam dan ekonomi islam.
  • Mengintegrasikan ilmu agama islam dengan ilmu pengetahuan umum.
  • Mengarahkan mahasiswa kepada pemilikan akhlak mulia, pemikiran rasional. Analitis, berorientasi pada pemecahan masalah dan pemandangan jauh kedepan.
  • Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan masyarakat.
  • Memberikan kontribusi dan proses pembangunan, khususnya dalam kaitan dengan upaya memperkuat landasan spiritual, moral dan etika pembangunan.
  • Menjadikan fakultas syariah sebagai center of reference bagi masyarakat dalam masalah hukum islam dan ekonomi islam.

 

Ditulis oleh: Admin | Tanggal 14 Nov 2014 16:51 WIB