Fakultas Tarbiyah & Keguruan


Program Studi

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan bertujuan membentuk Sarjana Muslim yang memiliki kemampuan akademik di samping guru Agama yang profesional untuk menerapkan, mengembangkan dan/ atau memperkaya ilmu pendidikan Islam, dengan jurusan/ program studi:

  1. Pendidikan Agama Islam (S1): bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesional, responsif, inovatif dan berakhlak mulia dengan profesi utama sebagai guru yang profesional dalam bidang pembelajaran agama pada sekolah, madrasah dan pesantren pada jenjang pendidikan SLTP dan SLTA atau sebagai tenaga supervisi pendidikan dan staf ahli pendidikan pada Departemen Agama. Terakreditasi  B.
  2. Pendidikan Bahasa Arab (S1): bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesional, responsif, inovatif dan berakhlak mulia dengan profesi utama sebagai guru bahasa arab pada Sekolah, Madrasah atau Pondok Pesantren. Di samping mampu menjadi Jurnalis Pembimbing Haji atau Umrah, Diplomat dan lain sebagainya. Terakreditasi  B.
  3. Manajemen Pendidikan Islam (S1) dengan program Studi Bimbingan Konseling Islami (BKI): bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dengan profesi utama sebagai guru pembimbing pada Sekolah, Madrasah atau Pesantren dismping dapat berprofesi sebagai konselor muda  di dalam berbagai lapangan kehidupan masyarakat. Terakreditasi  C.
  4. Tadris (S1) bertujuan: menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.PdI) dengan profesi utama sebagai guru mata pelajaran umum di Madrasah atau Pesantren pada jenjang Pendidikan SLTP dan SLTA. Oleh karena tu jurusan Tadris mengembangkan beberapa program studi yang relevan dengan kebutan stakeholders, user dan masyarakat, yakni:
    1. Tadris Bahasa Inggris bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesional sebagai guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada MTs dan MA serta Pesantren lainnya, di samping mempunyai kompetensi sebagai public relation dan transleter. Terakreditasi  C.
    2. Tadris Matematika bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesional sebagai guru dalam pembelajaran matematika  pada MTs, MA dan Pesantren, disamping juga mempunyai kompetensi sebagai tenaga peneliti terutama dalam pengolahan data  baik secara manual maupun dengan menggunakan teknologi komputer. Terakreditasi  C.
    3. Tadris IPA/konsentrasi Fisika bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesional sebagai guru dalam pembelajaran Fisika di Mts, MA dan Pesantren, disamping itu mempunyai kompetensi dalam memecahkan masalah melalui ilmu fisika pada Badan Meteorologi dan Geofisika Terakreditasi  C.
    4. Tadris IPS/konsentrasi Sejarah bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesonal sebagai guru dalam pembelajaran sejarah pada MTs, MA dan Pesantren, disamping mempunyai kompetensi sebagia peneliti, sejarahwan dan staf pada museum. Terakreditasi  B.
  5. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) bertujuan menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) yang profesional, responsif, inovatif dan berakhlak mulia, serta memiliki kompetensi mendisain program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar (MI/ SD), serta menguasai landasan-landasan kependidikan, menguasai dasar-dasar keislaman dan dapat mengantisipasi perkembangan IPTEK.Terakreditasi  C.

Visi

“menjadi sebagai pusat pengembangan ilmu pendidikan teoritis dan praktis dalam menunjang pembangunan pendidikan nasional”

Misi

  • Menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan sesama fakultas sejenis serta perguruan tinggi yang relevan dengan fakultas tarbiyah.
  • Mewujudkan sarana dan prasarana kependidikan yang memadai pada fakultas tarbian IAIN Imam Bonjol Padang sebagai penunjang kualitas kelulusan setiap jurusan dan program studi.

 

Ditulis oleh: Admin | Tanggal 20 Mar 2016 11:19 WIB