Fakultas Adab & Humaniora


Program Studi

Fakultas Adab & Humaniora bertujuan membentuk Sarjana Muslim yang memiliki kemampuan akademik menguasai untuk menerapkan, mengembangkan atau memperkaya keilmuan budaya dalam perspektif Islam dengan jurusan/ program studi:

  1. Bahasa dan Sastra Arab (S1): bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi sarjana yang berkeahlian dalam bidang Bahasa dan Sastra Arab, dengan gelar kesarjanaan Sarjana Humaniora (S.Hum), Terakreditasi B.
  2. Sejarah dan Kebudayaan Islam (S1): bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi sarjana yang berkeahlian dalam bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam, dengan gelar kesarjanaan Sarjana Humaniora (S.Hum), Terakreditasi B. Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam memiliki lima Konsentrasi sebagai berikut: 1) Konsentrasi SKI di Minangkabau, 2) Konsentrasi SKI di Indonesia, 3) Konsentrasi SKI di Asia Tenggara, 4) Konsentrasi SKI di Asia Barat, 5) Konsentrasi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Islam.
  3. Jurusan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (Diploma III): bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi dengan gelar akademik Ahli Madya (A.Md), yang diharapkan:bertujuan menghasilkan tenaga Pustakawan, Arsiparis Dokumentalis dan pusat Informasi lainnya yang profesional dan berwawasan Islami. Ilmu ini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya informasi dengan penerapan teori klaifikasi dan pengideksan untuk pengontrolan dan temu balik. Pendidikan ini juga memanfaatkan ilmu manajemen, ilmu komputer dan teori komunikasi. Mahasiswa diberi keterampilan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga menghasilkan tenaga pelayanan sumber daya informasi yang relevan dengan kemajuan ICT. Bidang pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lulusan Ilmu Perpustakaan, Arsip dan Dokumentalis adalah yang berkaitan dengan penanganan informasi, manajemen informasi seperti berbagai jenis Perpustakaan, Depo Arsip, unit Dokumentasi, unit informasi serta bidang penerbitan. Terakreditasi  C.

Visi

“Memiliki kualitas dan otoritas di bidang Ilmu budaya dan perspektif Islam”

Misi

  • Melakukan Pengkajian dalam bidang keilmuan budaya dengan integritas keilmuan Islam
  • Meningkatkan kemampuan akademika dan profesionalitas dibidang keilmuan budaya dan keislaman
  • Meningkatkan kompetisi kogmitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa untuk menghasilkan output yang memiliki life-skill.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana serta tenaga penunjang Akademik
  • Menjalin kerja sama serta ikut memberikan kontribusi keilmuan terhadap lembaga, instansi atau masyarakat
  • Berupaya senantiasa terdepan dalam pengembangan budaya dan seni islam serta meningkatkan kualitas hidup di tengah-tengah masyarakat.

 

Ditulis oleh: Admin | Tanggal 14 Nov 2014 23:06 WIB